Kamis, 09 Februari 2017

Cara Mengolah Sarang Burung Walet Menjadi Obat

Cara Mengolah Sarang Burung Walet Menjadi Obat - Hallo, selamat datang di blog kami yang akan memberikan informasi seputar kesehatan. Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang cara mengolah sarang burung walet, simak ulasan berikut ini.

Tahukah Anda bahwa sarang burung walet ini merupakan sarang burung yang paling mahal di dunia (sejauh yang kita ketahui). Bayangkan saja 1 ons sarang burung walet yang kurang lebih terdiri dari 10 buah sarang dengan kualitas baik bisa dijual dengan harga 1,4 juta rupiah! Dan katanya lagi, orang rela membayar mahal karena sarang burung walet ini dipercayai memiliki khasiat mampu menyembuhkan berbagai penyakit kronis maupun non kronis.

Umumnya, sarang burung walet disajikan dalam bentuk sup. Dan dapat kita temukan di restoran - restoran Cina. Sebenarnya, pengkonsumsian sarang burung walet ini bukanlah hal yang baru. Malah, sudah sejak abad 14, sarang burung ini dimanfaatkan sebagai makanan. Di Cina, sup sarang burung walet (birdnest soup) merupakan makanan favorit para raja dan bangsawan. Dan menurut cerita yang masih beredar sampe sekarang (mitos kali..) kaisar Ming sangat menggemari sup yang satu ini. Mungkin karena cerita atau mitosnya itulah, maka sup sarang burung walet dijadikan simbol makanan yang mewah dan bergengsi dan sangat mahal harganya.

Tetapi, pengkonsumsian sarang burung walet di Indonesia bisa dikatakan tergolong rendah, hampir 90% sarang burung walet diekspor ke luar negri. Pengkonsumsian sarang burung walet inipun masih ada bedanya. Kalo di Singapore dan Malaysia, lebih menyukai sarang burung yang mengandung lumut (moss nest), yang biasanya diambil dari gua - gua karang di tepi pantai. Sehingga warnanya pun tidak sebersih sarang burung walet yang dibudidayakan di atap - atap rumah. Katanya, rasanya lebih kenyal dan tidak cepat pecah saat dimasak. Sedangkan Cina dan Indonesia lebih menyukai sarang burung yang putih bersih.

Untuk menentukan kualitas dari sarang burung walet, ada syarat - syarat tertentu yang harus dipenuhi, misalnya ketebalan sarang. Seperti yang kita ketahui, sarang burung itu dibuat dari air liur burung walet tersebut. Setiap hari, sepasang walet betina dan jantan bergantian membuat sehelai sarang dengan cara mengoleskan air liur mereka ke dinding gua, dinding tebing, ataupun atap rumah. Ingat..satu hari hanya mengoleskan satu helai sarang aja. Jadi jangan heran, untuk membuat sarang saja dibutuhkan waktu sekitar 33-41 hari. Malah, pada saat musim kemarau, pembuatan sarang bisa lebih lama, sekitar 80 hari.

Kualitas itulah yang menentukan harga atau nilai dari sarang burung walet tersebut. Sarang burung dengan kualitas sempurna yakni memiliki bentuk seperti mangkuk, dindingnya tebal, kuat dengan tinggi kira - kira 5 cm, serta bersih tidak tercemar kotoran, bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi. Sebaliknya, sarang burung yang kualitasnya rendah, yaitu yang serat - seratnya tidak utuh, kotor, serta bentuknya cacat, hanya bisa dijual dengan harga murah.

Terdapat dua jenis sarang burung bila dilihat dari warnanya. Ada sarang burung putih yang seluruhnya terbuat dari air liur burung walet, dan sarang burung hitam, yang terbuat dari campuran air liur dan bulu - bulu burung. Sarang burung walet yang berwarna putih lebih mahal harganya. Sarang burung yang putih bersih, harganya bisa mencapai 14 juta rupiah/kg, sedang yang hitam paling hanya sekitar 1 atau 2 juta/kg. Ada juga, sarang burung yang memiliki serat - serat merah di sarangnya seperti darah. Itu harganya jauh lebih mahal lagi, yaitu sekitar 17 juta/kg.

Selain itu, sarang burung walet ini dapat dijadikan obat dan mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan.

Manfaat Sarang Burung Walet Yang Dipercaya adalah:
  1. Sarang burung walet yang dikonsumsi oleh anak-anak secara rutin dapat meningkatkan kecerdasan dan meningkatakn daya tahan tubuh, sehingga anak-anak menjadi jarang sakit.
  2. Sarang burung walet dipercaya bisa memperbaiki kerusakan lapisan epidermis kulit sehingga berguna juga untuk mencegah penuaan dini
  3. Sarang burung walet berfungsi untuk memperbaiki nafsu makan, memperbaiki fungsi pencernaan, dan memperlancar pembuangan usus besar.
  4. Sarang burung walet digunakan untuk pengobatan batuk kronis dan asma.
  5. Untuk berbagai penyakit, sarang burung walet digunakan untuk memicu pertahanan tubuh untuk melawan penyakit tersebut.
Berbagai manfaat sarang burung walet ini, sayangnya belum evidence based medicine. Mengingat nilai nutrisi yang terkandung di dalamnya banyak pula ditemukan juga pada sumber protein yang lain, masih dipertanyakan dimanakah letak keistimewaan sarang burung walet.

Manfaat sarang burung walet ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menguji efektivitasnya melawan penyakit meskipun sudah jelas nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat baik bagi kesehatan.

Cara Mengolah Sarang Burung Walet

  • Cuci sarang burung walet dengan air yang mengalir
  • Lalu rendam sarang burung walet selama 1 jam
  • Bersihkan bulu-bulu dan kotoran yang masih menempel pada sarang burung walet
  • Bilas sampe bersih, baru kemudian bisa diolah

Setelah bersih sarang burung walet bisa dipotong-potong kecil atau dibiarkan panjang. Namun, lebih mudah untuk memakanya dalam potongan kecil.


Itulah Cara Mengolah Sarang Burung Walet Menjadi Obat. Terimakasih semoga artikel sederhana yang kami buat ini bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan.




Sumber dari web kami:

 http://www.bosgamat.com/ 

3 komentar: